Interaksi Manusia dan Komputer


 Malang 17 – 1 -2011
Interaksi Manusia dan Komputer
(oleh : Azizan Nur Rohman)*


Salam kenal buat semua yang telah mengunjungi blog saya, disini saya akan menjelaskan secara singkat dari materi Interaksi Manusia dan Komputer.

Nah oleh sebab itu sebelum kita mulai pembahasan ini, maka silahkan duduk yang tenang, nikmati minuman kopi anda, dan kita akan memulai kuliah singkat kita saat ini.

Di dalam judul yang telah saya tulis diatas pastilah anda akan bertanya, interaksi manusia dan komputer ?, memangnya ada........

Karena pasti yang akan keluar dalam benak anda adalah, masak sih kita akan berinteraksi sama komputer, kan komputer itu benda mati, masak dalam kuliah ini kita harus berinteraksi dengan benda mati ? Atau mungkin anda akan menyangka bahwa, masak sih kita akan mengobrol dengan yang namanya komputer, entar disangka gila lagi sama orang-orang, sebab ngomong dengan benda mati ?
Hihihi........ serem kan ….....
He.........

Etch tapi tenang saja, jangan berfikir yang tidak-tidak dulu ya, karena disini tidak ada yang akan gila ataupun yang semacamnya, didalam tulisan ini kita akan mempelajari sebuah hal yang pastilah akan menarik sekali, dan sayangkan jika anda melewatkannya begitu saja.

Maka marilah kita memasuki materi kita yang lebih dalam lagi.

Hal pertama yang akan saya jelaskan kepada anda adalah apa sih pengertian dari interaksi manusia dan komputer ini ?.

Maka jawabanya adalah “bahwa interaksi manusia dan komputer adalah sebuah bentuk ataupun sebuah tingkah laku kita dalam menghadapi sebuah komputer, karena di sini kita akan mempelajari bahwa bagaimana cara merawat dan bagaimana cara kita membuat komputer itu nyaman sekali ketika kita gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari.” kita mengetahui bahwa semua aktivitas yang ada dizaman yang serba moderen ini, komputer adalah sebuah benda yang amatlah penting sekali dan kehadirannya memiliki nilai yang amatlah tinggi kalau kita memandangnya dari segi manfaatnya.

Interaksi yang dimaksud disini adalah sebuah bentuk dari cara kita berdialog antara si penguna komputer dengan sistem-sistem yang ada di dalam komputer, bukan kita mengobrol dengan komputer kawan.hehe....... Tapi disini kita berinteraksi dengan sistem-sistemnya saja, karena sebuah sistem itulah yang mampu menjalankan sebuah perintah yang akan dijalankan oleh komputer-komputer (perangkat keras) yang ada di rumah teman-teman semuanya.

Atau yang paling pas adalah kita akan membuat sebuah perintah (sebuah dialog) dalam keseharian kita melalui sebuah sistem yang telah di sediakan oleh komputer. Semua teman-teman sudah tahu kan unsur-unsur yang ada di dalam komputer itu apa saja ?. Ada hardware, software dan yang terakhir adalah brainware, di sini kita akan menjalankan semua unsur-unsur tersebut, jadi disini kita sebagai brainware-nya dan sistem komputer sebagai software-nya dan komputer adalah sebagai hardware-nya, singkat cerita adalah kita mampu mengunakan semua unsur-unsur tersebut sehingga kita mampu beraktivitas dengan lebih baik dengan mengunakan bantuan dari komputer ataupun dengan yang lainnya.

Akan saya berikan sebuah contoh yang sederhana saja, agar teman-teman tidak tambah binggung dengan teori yang telah saya tulis ini. Misalnya adalah seperti ini : ketika anda adalah seorang pemilik sebuah pertokoan ataupun sebuah swalayan dan ketika itu anda tidak memiliki sebuah komputer, maka ketika anda sedang menjalankan sebuah transaksi langsung, baik itu berupa penjualan maupun pembelian barang, tentunya anda akan mencatat semua macam transaksi tersebut dengan mengunakan sebuah buku dan melakukan perhitungan dengan mengunakan sebuah kalkulator, dan anda akan selalu dituntut dengan keras agar semua hitungan yang telah anda lakukan dengan mengunakan kalkulator haruslah benar, dan semua bentuk transaksi yang anda catat dalam buku haruslah benar pula dan bisa anda bayangkan sendiri kawan, ketika anda harus mengunakan buku dalam mencatat transaksi anda, maka anda akan memerlukan begitu banyak sekali buku yang anda gunakan, misalnya buku untuk pembelian barang, buku untuk penjualan barang, buku untuk nama-nama pelanggan, dan lain-lain, dan itu akan menambah biaya yang akan anda keluarkan, tidak hanya sampai di situ kawan anda juga akan mengeluarkan begitu banyak tenaga yang terbuang ketika anda melakukan sebuah pencatatan maupun perhitungan karena anda dituntut untuk melakukannya dengan prosentase 100% kebenaran pencatatan.
Jika sampai ada kesalahan saat anda melakukan sebuah perhitungan maka anda harus kerja dua kali lipat lagi, mulai dari menghitung ulang catatan transaksi anda dan juga anda harus mencari dimana letak dari kesalahan pencatatan anda. Sehingga anda memerlukan waktu yang tidaklah sedikit pula.

Nah jika anda melakukan semua itu dalam jangka waktu yang amatlah panjang maka itu akan membuat hari-hari anda semakin sempit dan akan membuat anda semakin tertekan dan boleh jadi anda akan menjadi stres oleh karena cara kerja yang anda gunakan tidaklah efektiv lagi.

Dan beda sekali jika anda mengunakan sebuah komputer, maka hari-hari anda akan semakin bermanfaat dan cara kerja anda juga akan semakin lebih cepat lagi. Karena gini, kita hanyalah akan mengunakan sebuah dialog antara kita dengan sebuah sistem komputer untuk melakukan semua aktivatas yang ada didalam transaksi tersebut dengan mengunakan sebuah komputer, mulai dari pencatatan, perhitungan maupun sampai dengan membuat sebuah laporan harian maupun laporan bulanan untuk mengevaluasi dari kinerja toko anda tersebut.

Disini kita hanyalah akan berkomunikasi dengan sebuah sistemnya (sotware) saja, untuk perhitungan ya kita cuma tingal klik sini dan tingal klik sana maka semua yang kita inginkan akan segera keluar nilai-nilainya, dan otomatis kita tidak akan perlu lagi dengan mengunakan banyak sekali buku-buku yang ada karena di dalam komputer sudah ada sistem yang mampu menyimpan semua data-data anda, jadi lebih menghemat biaya kan ?

Nah mudah-mudahan dari contoh yang saya gambarkan dari tulisan saya diatas bisa membuat anda mengerti dan paham maksud saya membuat tulisan ini dengan berjudul “Interaksi Manusia dan Komputer”. Dan mudah-mudahan anda mengerti apa yang dimaksud dengan interaksi disini dan bagaimana cara kita berinteraksi di dalam sebuah komputer.

Kesimpulannya dari semua ini adalah bahwa jika kita mengunakan interaksi kita dengan mengunakan komputer dalam menyelesaikan semua aktivitas kita masing-masing, maka manfaat yang akan kita dapatkan akan banyak sekali, mulai dari waktu yang kita gunakan, tenaga sampai dengan biaya yang telah kita keluarkan. Semuanya akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Dan sampai disini dulu ya kuliah kita hari ini, mudah-mudahan bermanfaat, dan jika teman-teman semua belum puas atau ingin memberikan saran yang membangun silahkan anda isi kolom komentar yang telah saya sediakan.

Trima kasih.

*(mahasiswa STMIK P3M)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Interaksi Manusia dan Komputer"

Posting Komentar